Kelas : LA40.
Dosen : Nikodemus Thomas Martoredjo.
Kode Dosen : D3323.
Pukul : 08.00 - 10.30.
Jumlah murid : 47 murid.
Lokasi : TK Al-Islamiyah Jakarta Barat.
Kelompok : 1.
Anggota yang hadir :
2101634691 - Gerry Lukman
2101640403 - Rainer Geraldy Rhesa Ongke
2101650902 - Khoirurrizki
2101652523 - Caecilia Jovanna Cendra
2101668553 - I Gede Arya Krisnadi
2101700586 - Afifa Ayu Widhiyanthi
2101709231 - Dava Arvansyah
Anggota yang tidak hadir : Tidak ada.
Daftar Hadir :
![]() |
Daftar hadir kelompok 1. |
![]() |
Arya, Caecilia, Afifa: Memotong Alat Peraga dari Kardus. |
![]() |
Arya, Rizki: Memotong Alat Peraga dari Kardus. |
![]() |
Alat Peraga (cetakan) untuk menjiplak gambar. |
![]() |
Alat peraga (alat pancing) untuk pengenalan nama ikan. |
![]() |
Hadiah untuk pemenang lomba memancing. |
Hari Jum'at, 20
Oktober 2017 tepatnya hari ini merupakan hari ketiga kami ke TK Al-Islamiyah. Pukul 07.00 kami
berkumpul kembali di TK Al-Islamiyah. Seperti biasanya, murid berkumpul. Lain halnya untuk hari ini, di hari Jum'at, murid-murid dikumpulkan di ruang kelas B1 untuk latihan keagamaan.
![]() |
Latihan keagamaan bersama. |
Pertama-tama, membimbing murid-murid untuk melakukan kegiatan agama (adzan, wudhu, iqamah, dan shalat).
![]() |
Belajar adzan. |
Setelah itu kegiatan kegaamaan selesai, murid-murid masuk ke kelasnya masing-masing.
Kelas Pelangi, Diawali membaca syair yang telah kami hias dan berjudul: "Bajuku Biru". Syair tersebut memiliki makna: Harus mandiri, salah satu contohnya adalah memakai baju dan sepatu sendiri ke sekolah.
Kemudian, Belajar warna-warna baju yang dipakai orang sekeliling, menjiplak gambar bintang laut dan keong laut, menebak hewan laut, menjiplak bintang laut dan keong laut dengan crayon dan dihias sesuai kreativitas murid-murid. Semua diminta menceritakan pada kami apa yang telah digambar dan deskripsi nya sesuai imajinasi mereka.
Terakhir, murid-murid A1 memancing bersama dan kelompoknya dibagi 2 orang/kelompok, yang dinilai disini adalah kecepatan dan kebersamaan dalam menangkap ikan terbanyak selama 30 detik/pair.
Pemenangnya adalah Taufal dan Najiwa menangkap sebanyak 6 ikan. Hadiahnya merupakan Figuran ikan (karena sesuai materi pembelajaran) yang telah kami siapkan.
![]() |
Syair "Bajuku biru" yang dihias oleh kami. |
Kemudian, Belajar warna-warna baju yang dipakai orang sekeliling, menjiplak gambar bintang laut dan keong laut, menebak hewan laut, menjiplak bintang laut dan keong laut dengan crayon dan dihias sesuai kreativitas murid-murid. Semua diminta menceritakan pada kami apa yang telah digambar dan deskripsi nya sesuai imajinasi mereka.
![]() |
Menjiplak hewan laut. |
Terakhir, murid-murid A1 memancing bersama dan kelompoknya dibagi 2 orang/kelompok, yang dinilai disini adalah kecepatan dan kebersamaan dalam menangkap ikan terbanyak selama 30 detik/pair.
![]() |
Melatih ketangkasan: memancing. |
Pemenangnya adalah Taufal dan Najiwa menangkap sebanyak 6 ikan. Hadiahnya merupakan Figuran ikan (karena sesuai materi pembelajaran) yang telah kami siapkan.
Kelas B1, Pelajaran yang diawali mencetak kambing, kura-kura, dan ikan dengan cetakan yang telah kami siapkan. Tak lupa untuk mewarnai gambar yang telah di cetak oleh murid-murid.
Setelah mencetak, murid-murid dipanggil 2 orang kedepan kelas untuk berlomba yaitu memancing ikan, yang dinilai disini adalah kecepatan dan kejujuran dalam menangkap ikan terbanyak selama 60 detik.
Pemenangnya adalah Nara dan Callia yang menangkap masing-masing 6 ikan. Hadiahnya merupakan Figuran ikan (karena sesuai materi pembelajaran) yang telah kami siapkan.
![]() | |
Diarahkan untuk belajar mencetak hewan peliharaan. |
![]() |
Afifa: Menjawab pertanyaan dari murid. |
![]() |
Rainer: Membantu menjiplak. |
![]() |
Dava: Membantu menjiplak. |
Setelah mencetak, murid-murid dipanggil 2 orang kedepan kelas untuk berlomba yaitu memancing ikan, yang dinilai disini adalah kecepatan dan kejujuran dalam menangkap ikan terbanyak selama 60 detik.
![]() |
Afifa, Rainer: Mencontohkan memancing. |
Pemenangnya adalah Nara dan Callia yang menangkap masing-masing 6 ikan. Hadiahnya merupakan Figuran ikan (karena sesuai materi pembelajaran) yang telah kami siapkan.
![]() |
Callia, Nara: Murid yang mendapat ikan terbanyak. |
Kelas B2, Melakukan pelajaran penjumlahan dengan bantuan alat peraga berupa cetakan hewan yang telah kami siapkan. Belajar menghitung dengan mewarnai gambar lingkaran sesuai dengan angka (misalnya: angka 3 berarti mewarnai 3 lingkaran).
![]() |
Menghitung hewan dan lingkaran. |
![]() |
Menghitung hewan. |
Setelah itu, murid-murid menjiplak hewan di kertas dari cetakan yang telah kami siapkan, hewan itu berupa kambing, ikan, dan kura-kura. Kemudian, murid-muridpun membuat jiplakan dan setelah melakukan itu merekapun harus memberikan gambar.
![]() |
Menjiplak gambar. |
Sebelum pulang semua murid TK Al Islamiyah merapikan semua barang bawaan masing-masing dan berdoa bersama.
![]() |
Foto bersama Kepala dan Guru TK Al-Islamiyah. |
![]() |
Foto bersama Kepala dan Guru TK Al-Islamiyah. |
Photographer: Rainer Geraldy Rhesa Ongke. || Penulis: Dava Arvansyah. || Editor: Afifa Ayu Widhiyanthi.
Persiapan untuk hari ke-3 sangat menguras tenaga namun kami tetap semangat menjalaninya
ReplyDeleteHari ke-3 membuat lelah! Tetapi senang!
ReplyDeleteHari ke 3 lebih menguras tenaga tetapi tetep senang 👍
ReplyDeleteSangat melelahkan, tetapi anak-anak terlihat sangat ceria dan itulah yang terpenting
ReplyDelete